10 Program Unggulan Indramayu Bermartabat

VISI KABUPATEN INDRAMAYU

INDRAMAYU BERMARTABAT

“Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat.”

Bersih :

Pemerintahan yang Tulus, Ikhlas, dan Suci.
Transparan dalam Pengelolaan dan Penataan Pemerintahan.

Religius :

Nilai-Nilai Agama Mendasari Setiap Sikap dan Perilaku Dalam Pengelolaan Pemerintah yang Tercermin Dalam Kehidupan Bermasyarakat Atas Terciptanya Kebijakan Pemerintahan dan Aktivitas Masyarakat.

Maju :

Diartikan Bahwa Masyarakat Indramayu, Cerdas, Terampil, Bergerak Dinamis, Kreatif, Inovatif Serta Tangguh Menghadapi Tantangan, Yang Ditandai Dengan Pertumbuhan Penduduk Yang Kecil, Angka Harapan Hidup Yang Tinggi Dan Kualitas Pelayanan Sosial Yang Lebih Baik Dan Produktifitas Semakin Tinggi.

Adil :

Keadaan Yang Dicirikan Dengan Sifat Perbuatan Danperlakuan Yang Mengedepankan Kesetaraan Dalam Pengambilan Keputusan/Kebijakan Yang Tidak Diskriminatif Yang Hanya Menguntungkan Sekelompok Tertentu Golongan Dalam Masyarakat.

Makmur:

Kehidupan Yang Layak Merupakan Hak Mutlak Dari Masyarakat Indramayu Yang Ditandai Dengan Bebas Dari Kemisikinan Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Negara Melalui Pemerintah Daerah.

Hebat :

Terciptanya Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Dan Bersih (Good Governance Dan Clean Governance). Daya Saing Daerah Yang Tinggi Sehingga Mampu Lebih Unggul Dibandingkan Dengan Daerah Lain, Masyarakat Yang Berkualitas Dalam Pendidikan, Maju Dalam Ilmu Pengetahuan Dan Tekhnologi, Tanggap Dan Responsif Dalam Menghadapi Tantangan Global.

 

MISI KABUPATEN INDRAMAYU

SAPTA NATA MULIA JAYA

  1. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Melayani, Melindungi, Bersih, Bebas Korupsi, Kolusi.Nepotisme, Transparan, Akuntabel, Profesional Dandemokratis, Dengan 3 (Tiga) Program Prioritas, Yaitu : Peningkatan Sarana Dan Prasarana Aparatur, Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur dan Pembinaan Dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.
  2. Peningkatan Pelayanan Kehidupan Beragama, Kepercayaan, Pemahaman Dan Pengamalan Agama, Serta Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Dan Budaya Dalam Bingkai  Kebangsaan Bhineka Tunggal Ika, Mencakup 6 (Enam) Program Prioritas, Yaitu : Pembinaan Keagamaan, Pendidikan Keagamaan, Pembinaan Wawasan Kebangsaan, Pengelolaan Kekayaan Budaya, Pengelolaan Keragaman Budaya, Pembinaan Politik Dalam Negeri.
  3. Terpenuhinya Kebutuhan Sandang, Pangan, Dan Papan Dalam Jumlah Dan Kualitas Yang Memadai Dan Merata, Mencakup 4 (Empat) Program Prioritas, Yaitu : Peningkatan Kesempatan Kerja, Pengembangan Kewirausahaan, Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni, Peningkatan Kedaulatan Pangan.
  4. Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Yang Layak Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan Melalui Peningkatan Sumber Daya Sehingga Mampu Berdikari, mencakup 5 (Lima) Program Prioritas, Yaitu : (1) Pengentasan Kemiskinan, (2) Perlindungan Tenaga Kerja Dan Pengembangan Lembaga Ketenaga Kerjaan, (3) Pengembangan Industri Kecil Dan Menengah,(4) Pengembangan Destinasi Pariwisata, (5) Pengembangan Pemasaran Pariwisata.
  5. Peningkatan Pelayanan Pendidikan, Kesehatan Dan Pertumbuhan Ekonomi, Mencakup 13 (Tiga Belas) Program Prioritas, Yaitu : (1) Peningkatan Mutu Dan Tenaga Kependidikan, (2) Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat, (3) Wajib Belajar Sembilantahun, (4) Pendidikan Nonformal, (5) Pelayanan Kesehatan Dasar ,(6) Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, (7) Peningkatan Pelayanan Kesehatan Ibu, Bayi Dan Anak, (8) Perlindungan Anak, (9) Pengembangan Sistem Pendukung Usaha Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah, (10) Peningkatan Iklim Investasi Dan Realisasi Investasi, (11) Peningkatan Promosi Dan Kerjasama Investasi, (12) Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Perdesaan, (13) Pengembangan Lembaga Ekonomi Perdesaan.
  6. Peningkatan Pelaksanaan Pembangunan Disegala Bidang Sehingga Terpenuhinya Kebutuhan Masyarakat Secara Adil Dan Merata, Mencakup 5 (Lima) Program prioritas, yaitu: (1)Pemeliharaan, Rehabilitasi Peningkatan Pembangunan Jalan Dan Jembatan, (2)pemeliharaan Rehabilitasi Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air, (3) Infrastruktur Strategis Pendukung Kegiatan Sosial, Ekonomi Dan Pemerintahan,(4) Penataan Kawasan Permukiman, (5) Tata Ruang.
  7. Mewujudkan Indramayu Sebagai Daerah Yang Unggul Dan Memiliki Daya Saing Melalui Kemandirian Ekonomi Berbasis Sumber Daya Alam Dan Pengembangan Industri Pertanian, Perikanan Dan Migas, Mencakup 10 (Sepuluh) Program Prioritas, yaitu : (1) Peningkatan Produksi Dan Mutu Tanaman Pangan, (2) Peningkatan Produksi Dan Mutu Tanaman Hortikultura, (3) Peningkatan Produksi Dan Mutu Tanaman Perkebunan, (4) Pemberdayaan Sumber Daya Pertanian,(5) Pengembangan Sarana Dan Prasarana Perikanan Dan Kelautan, (6) Pengembangan Perikanan Tangkap, (7) Pengembangan Budidaya Perikanan, (8) Penyediaan/Rehabilitasi Sarana, Prasarana Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Perikanan Dan Kelautan, (9) Peningkatan Kapasitas Sdm Perikanan Dan Kelautan, (10) Peningkatan Industri Pengolahan.

 

“Sepuluh Program unggulan  kabupaten Indramayu”

Program Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta), menawarkan solusi pertolongan pertama permasalahan kemanusiaan dan kedaruratan. Dalam program ini, warga dapat melapor melalui nomor telepon secara langsung (Hotline), atau melapor melalui media sosial lewat saluran WhatsApp, Facebook, Instagram, atau Twitter.

Program Lebu Digital (Le-Dig), adalah sebuah program untuk mewujudkan Smart Village atau ‘Desa Cerdas’ dengan melakukan pemasangan WiFi di setiap balai desa yang terintegrasi dengan program I-Ceta.

Program Desa Kabeh Terang (De-Kat), masyarakat akan dimanjakan dengan Penerangan Jalan Umum (PJU) sehingga memudahkan mobilitas di malam hari serta dapat mengurangi angka kriminalitas dan kecelakaan, karena wilayah desa akan terang dengan akan dibangunnya 1.000 titik PJU di tingkat desa.

Program Alun-Alun Rakyat (A-Lur), akan mengembalikan fungsi Alun-Alun sebagai tempat interaksi dan cermin kedekatan antara pemimpin dengan masyarakatnya, sehingga menjadi wujud kemanunggalan antara pemimpin dengan rakyatnya dan sebagai simbol Pendopo milik rakyat. Manfaat lain dari Program A-Lur adalah Alun-Alun sebagai areal publik.

Program Dokter Masuk Rumah (Dok-Maru), adalah sebuah program layanan kesehatan yang menghadirkan bentuk pelayanan langsung ke rumah warga. Manfaat dalam Program Dok-Maru adalah derajat kesehatan masyarakat akan meningkat, serta dapat mencegah berkembangnya wabah atau penyakit, selain itu sebagai sarana penyuluhan kesehatan di masyarakat.

Program Perempuan Berdikari (Pe-Ri), adalah sebuah program pemberdayaan ekonomi kepada para perempuan Purna Pekerja Migran Indonesia (PPMI), dalam bentuk pelatihan ketrampilan dan pemberian modal. Diharapkan dengan program ini, para Pekerja Migran Indonesia tetap produktif meski sudah purna. Manfaat dalam Program Pe-Ri, adalah pemberdayaan bagi kaum perempuan usia produktif, sehingga diharapkan produktivitasnya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Program Kredit Usaha Warung Kecil (Kruw-Cil), adalah sebuah program yang memberikan kredit atau bantuan usaha kepada warung kecil dan pelaku UMKM guna mendorong perekonomian Wong Cilik melalui kerjasama dengan Bank Perkreditan Rakyat Daerah, yang besarannya mulai 500 ribu sampai dengan 5 juta rupiah.

Program Berjamaah Subuh Keliling (Bersuling), adalah program dimana Bupati Indramayu, Wakil Bupati, serta pejabat terkait lainnya, berkeliling kecamatan untuk melakukan sholat subuh berjamah di Masjid. Manfaat dari program ini adalah terwujudnya masyarakat yang religius, hal ini selaras dengan visi Indramayu Bermartabat