Cempeh

PROFIL DESA

NAMA DESA  : CEMPEH
KECAMATAN  : LELEA
NAMA KUWU  : CARKARNA
PENDAMPING DESA SGDs  : BAMBANG
   : –
   : –

POTENSI DESA 

WARNA TANAH PERTANIAN : Cokelat Gelap/Tua
POTENSI PERTANIAN : Sebagian besar penduduk berpencaharian sebagai Petani, luas lahan pertanian 641,36 Ha, tanaman yang di budidayakan yaitu padi, dengan tingkat produksi 7 ton dalam sekali panen. Teknologi yang digunakan saat ini menggunakan mesin traktor & grabagan. Desa cempeh memiliki 4 kelompok tani yang sebagai wadah untuk sarana prasarana dalam pertanian.
POTENSI PASAR : –
POTENSI PERKEBUNAN : Memanfaatkan musim kemarau di lahan sawah, jenis tanaman yang dibudidayakan yaitu timun/bonteng, semangka, dll. Rata-rata produksi perkebunan dalam sekali panen mencapai 1-2 kwintal.
POTENSI APOTEK HIDUP : Beberapa warga yang menanam tanaman untuk obat seperti jahe, serai, kunir, kencur, kunyit, dll. Kegunaan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan.
POTENSI PETERNAKAN : Ada ±100 orang yang beternak hewan dipekarangan rumah sendiri, jenis hewan yang diternakan yaitu kambing, bebek, ayam. Penjualan hewan ternak dipasok ke tengkulak/pedagang. Peran pemerintah desa membuat program setiap tahun untuk peternakan, yaitu menyediakan hewan ternak induk kepada masyarakat miskin guna menunjang perekonomian. Ketika hasil ternak sudah berkembang maka ternak induk dipindahkan ke masyarakat lainnya. 
POTENSI KULINER : Makanan khas di desa cempeh yaitu pedesan entog, beberapa masyarakat membuat makanan tersebut ada yang untuk dijual dan ada yang untuk dikonsumsi sendiri.
POTENSI KESENIAN/ADAT (ceritakan sedikit asal usul desa/sejarah) : Sejarah : Ada tokoh yang konon sangat sakti mandraguna dan belum beragama islam, karena kedigjayaannya beliau sangat disegani oleh lawan yang ingin mengislamkannya. Dia seorang pendekar sakti. Salah satu tokoh penyebar agama Islam diwilayah Cerbon Nagari (Cirebon Sekarang) yang tak lain adalah Ki Kuwu Sangkan alias Ki Cakrabuana yang pernah mencoba bertarung sengit melawan pendekar ini. Dalam perkelahiannya pendekar sakti mengeluarkan senjata sakti yakni berupa Cemeti atau Selempang, tapi tidak mampu mengalahkan Ki Cakrabuana. Tempat ini kelak bernama blok Cemeti nama blok di wilayah Desa Cempeh. Untuk luas desa cempeh yaitu 941,36 Ha. Adat desa cempeh Munjungan, Sedekah Bumi, Baritan dan lain-lain. Sedangkan keseniannya yaitu musik organ yang dilakukan oleh pelaku seni setempat.
POTENSI WISATA TERPADU : –
 

PENGEMBANGAN SDM DAN PROGRAM KEMITRAAN SMK

KONDISI KARANG TARUNA, AKTIF/PASIF? PAPARKAN! : Aktif, bersosialisasi tentang kepemudaan, olahraga maupun potensi pekerjaan.
NAMA APLIKASI DESA ONLINE : SISKUDES (Sistem Keuangan Desa)
JUMLAH OPERATOR APLIKASI DESA : 1 (Satu)
POTENSI KERJASAMA SMK – DESA : Membangun Video Profil Desa
  : Membangun Pusat Inovasi Desa.
  : Membangun Desa Cerdas
IMPIAN DESA DAN MASYARAKAT (5 TAHUN) : Menjadikan Desa Cempeh Maju, Mandiri, Cerdas dan Mampu Bersaing dalam berbagai Aspek dengan Desa lain. Berharap desa cempeh menjadi desa yang berkembang diberbagai kegiatan.
SARAN : Diharapkan untuk selalu berkoordinasi dan bekerjasama untuk meningkatkan potensi desa lebih berkembang dimasa depan.