Telagasari

PROFIL DESA

NAMA DESA  : TELAGASARI
KECAMATAN  : LELEA
NAMA KUWU  : WARSIDIN
PENDAMPING DESA SGDs  : JAENURI
   : –
LUAS AREA  : 429,925 Ha

POTENSI DESA 

WARNA TANAH PERTANIAN : Cokelat, Hitam
POTENSI PERTANIAN

: Padi, Palawija

POTENSI PASAR

: –

POTENSI PERKEBUNAN : Tidak ada, tetapi warga memiliki pohon pribadi yang ditanam dirumah seperti kelengkeng dan pandan unutk membuat Tikar Pandan (Klasa)
POTENSI APOTEK HIDUP : –
POTENSI PETERNAKAN : Kambing, tetapi milik masyarakat pribadi serta bantuan pemberian induk kambing dari desa untuk masyarakat kurang mampu.
POTENSI KULINER : Home Industry yang dikelola oleh Ibu Waryunah yaitu pembuat rengginang
POTENSI KESENIAN/ADAT (ceritakan sedikit asal usul desa/sejarah)

: Asal usul desa yaitu bermula dari kedatangan putra Talaga bernama Jaka Sukun. Jaka Sukun memiliki senjata Tombak Sakti. Dalam pelariannya tombak tersebut jatuh ke sendang dan menjadi cikal bakal desa Telagasari. Potensi seni yang dimiliki yaitu : Tari Ronggeng Tari ini dipopulerkan oleh keluarga Nyai Tiweng di desa Telagasari yang terkenal dengan nama Ronggeng Tiweng. Namun seiring perkembangan zaman Tari ini mulai redup karena usia Nyai Tiweng yang sudah sepuh dan sedikitnya minat generasi muda untuk belajar seni ronggeng.

Potensi adat yang dimiliki :

1. Mapag Sri (menyambut panen)

2. Sedekah Bumi (Syukuran hasil panen)

3. Ngunjungan (memperingati tetua atau sesepuh desa)

POTENSI WISATA TERPADU : Stasiun Telagasari kerap dijadikan Spot Foto
 

PENGEMBANGAN SDM DAN PROGRAM KEMITRAAN SMK

KONDISI KARANG TARUNA, AKTIF/PASIF? PAPARKAN!

: Karang Taruna aktif di beberapa kegiatan saja (jika diminta) yang ada di desa. Namun dengan kondisi pandemi seperti saat ini, Karang Taruna tidak memiliki kegiatan atau pasif.

NAMA APLIKASI DESA ONLINE

:- SISKEUDES (Sistem Keuangan Desa) yaitu Aplikasi untuk pengelolaan keuangan desa agar transparan contohnya SPJ, dan APBDES

Sustainable Development Goals, (SDGS) yaitu suatu rencana aksi global yang disepakari oleh para pemimpin dunia untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan

JUMLAH OPERATOR APLIKASI DESA

: 4

SISKEUDES : 1 Orang

SDGs : 3 orang

POTENSI KERJASAMA SMK – DESA : Transformasi Karang Taruna dan KIM menjadi Lembaga/Organisasi Penggerak Desa Pendukung Tumbuhnya Kegiatan Kreatif Ekonomi
  : Membangun Kampung Kreatif Menuju Rebana Creative Hub
  : Kampung Cyber
IMPIAN DESA DAN MASYARAKAT (5 TAHUN)

:  Semoga dengan adanya kerjasama desa dengan SMK N 1 Lelea dapat menigkatkan dan mengembangakn potensi yang dimiliki oleh masyarakat desa Telagasari. Impian Desa Telagasari bisa menjadi desa yang selalu maju dan mengikuti perkembangan zaman serta membawa masyarakat lebih maju dari segi ekonomi dan pendidikan.

SARAN

: 1. SMK bisa bekerjasama dengan Home Industry yang ada di desa Telagasari seperti Pembuat Tikar Pandan dan rengginang.

2. SMK bisa memberikan pelatihan atau sosialisasi tentang pemasaran atau ilmu yang menunjang pengetahuan kepada masyarakat untuk meningkatkan pemasaran Home industry Telagasari.