Tempel Kulon

PROFIL DESA

NAMA DESA  : TEMPEL KULON
KECAMATAN  : LELEA
NAMA KUWU  : TASIH
PENDAMPING DESA SGDs  : SUWANDI, TRISNA
   : –
LUAS AREA  : 5.18 km2

POTENSI DESA 

WARNA TANAH PERTANIAN : Coklat kehitaman
POTENSI PERTANIAN

: Luas lahan pertanian di desa ini adalah 400 Ha dengan komoditi utama adalah padi

POTENSI PASAR

: Terdapat pasar tumpah setiap Selasa di sore hari. Produk yang dijual adalah pakaian, makanan ringan dan lainnya.

POTENSI PERKEBUNAN : –
POTENSI APOTEK HIDUP : Apotek hidup masih skala kecil ditanam di halaman rumah warga.
POTENSI PETERNAKAN : Luas lahan peternakan masih kecil hewan yang diternakan adalah kambing dan unggas
POTENSI KULINER : –
POTENSI KESENIAN/ADAT (ceritakan sedikit asal usul desa/sejarah)

: Kesenian sintren dikembagkan oleh SMP Satu Atap. Adat di desa antara lain Munjungan, Mapag sri (Menjelang panen), dan sedekah bumi (Menjelang tanam) yang dilaksanakan satu tahun sekali. Asal usul desa tempel yaitu Ada seorang budak Belanda yang berasal dari Majalengka yang tengah mengerjakan proyek jalan raya, yang bernama Jaka Sukun. Jaka Sukun adalah orang yang sangat cerdas dan ulet dalam bekerja sehingga Belanda pada saat itu tertarik kepadanya dan ingin mengajak Kerjasama dengannya, tapi Jaka Sukun menolaknya dan kabur lari kedalam hutan belantara dengan membawa pusaka berupa Pecut, Jaka Sukun tidak tahu harus pergi kemana. Jaka Sukun pergi kebeberapa desa dan pada akhirnya persinggahan terakhir dari Jaka Sukun adalah di desa Tempel. Sedangkan Tepelkulon merupakan pemekaran dari desa Tempel pada tahun 1984.

POTENSI WISATA TERPADU : Potensi wisata terpadunya adat. Desa Lelea ingin membuat kampung adat dimana ada beberapa tempat diantaranya tersedia rumah kuwu, mushola, wc, tempat gowes, tempat menjual cindramata dan ada gedung untuk memperkenalkan sejarah serta adat yang berasal dari desa lelea. Akan tetapi, masih dalam perencanaan terpadu.
  : –

PENGEMBANGAN SDM DAN PROGRAM KEMITRAAN SMK

KONDISI KARANG TARUNA, AKTIF/PASIF? PAPARKAN!

: Karang taruna aktif dalam beberapa kegiatan jika di minta.

NAMA APLIKASI DESA ONLINE

: SISKUDES, SIPD, Omspan, dan Siramapaksekar

JUMLAH OPERATOR APLIKASI DESA : 1 (Sekertaris Desa)
POTENSI KERJASAMA SMK – DESA : Transformasi Karang Taruna dan KIM menjadi Lembaga/Organisasi Penggerak Desa Pendukung Tumbuhnya Kegiatan Kreatif Ekonomi
  : KAMPUNG LITERASI DAN BAHASA
  : Membangun Kampung Cyber
IMPIAN DESA DAN MASYARAKAT (5 TAHUN)

Aparat desa: Desa TempelKulon menjadi maju dan adanya perubahan. Selain itu tutur bahasa dan kesopanan warganya harus diperbaiki. Warga: Calon kuwu tidak perlu mengeluarkan biaya yang bayak hanya untuk kampanye, biaya yang dikeluarkan untuk kampanye bisa dialokasikan untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Calon kuwu yang kalah dalam pemilihan tetap mendukung program dari kuwu yang terpilih. Selanjutnya calon kuwu yang kalah ikut ambil bagian juga dalam kepemerintahan desa.

SARAN : SMK bekerja sama mengadakan pelatihan atau kerja sama lainnya di bidang kerajinan dengan ibu-ibu PKK, Kader POSYANDU dan Karang Taruna agar memiliki kegiatan yang produktif.