Selamat Datang di website resmi Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu
Selasa, 23 November 2021 | 13:26:43 WIB | Dibaca 58 kali

Menyikapi Isu Kemiskinan Ekstrem Indramayu, SMK Negeri 1 Lelea siap Terdepan Fasilitasi ASA Coaching & Carrer Center sebagai langkah solutif Pemberdayaan SDM SMK Kab Indramayu.

260772161_4857272707637439_2784566157345594891_n

              Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menargetkan pemerintah pusat untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem yang berada di Jawa Barat. Seperti diketahui, ada lima kabupaten yang memiliki jumlah penduduk miskin ekstrem tertinggi di Jabar yakni Kabupaten Karawang, Indramayu, Cianjur, Kuningan dan Bandung.
Menanggapi kabar tersebut, CEO Sekaligus Kepala SMK Negeri 1 Lelea langsung bergegas melakukan langkah terukur dengan menggandeng salah satu IDUKA membangun rumusan dengan Menggandeng Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu. Upaya dan langkah awal SMK Negeri 1 Lelea mengadakan acara  bertajuk Workshop Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Melalui Kegiatan Pembinaan Dan Pelatihan Peningkatan Mutu Sdm Smk Negeri I Lelea Sebagai Upaya Mewujudkan Indramayu Bermartabat 2021. Dimana sangat diperlukan sebuah Mapping Talent and Scouting SDM sebelum menuju langkah Penyaluran SDM SMK. langkah tersebut diambil SMK Negeri 1 Lelea dengan menggandeng 7 Asosiasi Industri sebagai cara terukur melakukan identifikasi kondisi dan Pasion Peserta Didik sebelum menuju Wirausaha, Bekerja dan Melanjutkan sesuai Standar 8+i yang menjadi tolok ukur keberhasilan dalam Program kemitraan Pendidikan Vokasi.
Menurut Kepala SMK Negeri 1 Lelea, “Perlu Penerapan Mapping-Development-Connectivity dalam Inovasi Peningkatan Mutu SDM, terutama SMK baik Guru, Siswa maupun masyarakat perlu mengenali potensinya sebelum memaksimalkan Peluang yang ada. karena masih banyak Peserta Didik dan Guru belum menemukan Passionnya, SMK Negeri 1 Lelea bersama PT. SATU VISI INDOSINERGI melalui Pengembangan Automatic Skill Analysis diharapkan mampu menjadi terobosan baru menemukan Skill dan Passion Guru, Siswa maupun Masyarakat”.

Hadir pula Sekdisnaker Kabupaten Indramayu, Bp Ahmad menuturkan bahwa langkah SMK Negeri 1 Lelea patut mendapat apresiasi dan perlu ditindaklanjuti sebagai langkah sustainable menggandeng MKKS SMK Kab Indramayu dalam bersinergi mengurangi Pengangguran daerah melalui program-program peningkatan Mutu serupa dan Pelatihan Kompetensi/TOT sebagai solusi untuk daerah”, imbuhnya

Menurut Kepala cabang Dinas Wilker IX, “Ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat strategis dan sangat penting karena ketika Siswa masuk melalui PPDB, ini merupakan sebuah amanah yang diberikan oleh orang tua siswa. Oleh karena itu, Bapak/Ibu yang diberikan kepercayaan menjadi Tenaga Pendidik memiliki tanggung jawab untuk membimbing dan mengantarkan para siswa ini sampai berhasil menyelesaikan pendidikannya,” paparnya.

Begitupun Chief Executive Officer PT Savisi, Nurul Muhaemin, dalam sambutannya menyampaikan ToT ini digelar dengan tujuan agar Guru dan Stakeholder bisa mengetahui skills siswa. bahwa “SMK Negeri 1 Lelea memiliki Peluang sebagai Pioner pengembangan ASA COACHING CENTER Indonesia, karena banyak sekali ditemukan potensi-potensi baru baik dari Peserta Didik maupun Tenaga Pendidik di SMK Negeri 1 Lelea. Mereka sangat aktif dan Agresif untuk memulai Perubahan, meskipun mereka semua sadar bahwa perlu langkah kecil dan terukur untuk bisa menjadi sebuah Langkah yang Luar Biasa untuk Kabupaten Indramayu.”, Paparnya.

Menurut Penanggung Jawab Program sekaligus Waka Mutu SDM SMK Negeri 1 Lelea, “Training of Trainer untuk Tenaga Pendidik dan Kependidikan  berkat kerja sama antara SMK Negeri 1 Lelea dengan PT Satu Visi Indosinergi. Pelatihan ini digelar khusus untuk Tenaga Pendidik dan Kependidikan dengan tujuan agar Tenaga Pendidik dan Kependidikan bisa mengetahui skills siswa dengan menggunakan Automatic Skills Analysis,” ungkapnya.

Terlihat begitu antusias warga SMK Negeri 1 Lelea dalam pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari menuju Peradaban Baru. Dengan harapan ASA COACHING CENTER SMK NEGERI 1 LELEA menjadi solusi Kemiskinan Ekstrem Indramayu yang mampu Mengurangi Intensitas Pengangguran secara perlahan tapi pasti. SMK Negeri 1 Lelea siap menjadi Pusat Pengembangan teknologi dan Inovasi di Kawasan Metropolitan Rebana. 

BERITA LAINNYA