Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan Masyarakat ini dimaksudkan untuk menjamin terlaksananya keterlibatan atau pastisipasi masyarakat dalam pendidikan. Pemberdayaan Masyarakat bertujuan untuk meningkatkan akses, mutu, daya saing, relevansi, tata kelola, dan akuntabilitas pengelolaan dalam penyelenggaraan pendidikan.

Pemberdayaan masyarakat adalah optimalisasi peran SMK terhadap pembangunan masyarakat dan sebaliknya optimalisasi peran masyarakat terhadap pengembangan pendidikan. Pemberdayaan masyarakat dalam SMK Membangunan Desa lebih dititik beratkan pada peran sekolah dalam pembangunan masyarakat.

Bentuk pemberdayaan masyarakat desa dapat berupa antara lain: pemanfataan aset masyarakat dan lembaga terkait untuk peningkatan kualitas pendidikan, pemanfaatan aset sekolah untuk kegiatan    masyarakat,    pengelolaan    limbah    rumah    tangga, pemberantasan limbah rumah tangga, pemberdayaan masyarakat desa berbasis internet, sosialisasi bahaya narkoba, pemberian bibit tanaman untuk masyarakat, pelatihan dan simulasi penanggulangan bencana.